Inilah 8 Langkah Mudah Menanamkan Kebiasaan Makan Sehat pada Anak

Dummy

Kebiasaan makan sehat yang diajarkan sejak kecil akan membantu menjaga kesehatan anak hingga dewasa nanti. Oleh karena itu, penting bagi para orang tua untuk menanamkan kebiasaan makan yang benar pada anak. Memang sih menerapkan pola makan sehat pada si kecil bukanlah hal yang mudah. So, jangan khawatir guys karena pada kesempatan kali ini kita akan ngebahas mengenai hal tersebut. Langsung saja inilah 8 langkah mudah menanamkan kebiasaan makan sehat pada anak.

  1. Buat waktu makan lebih menyenangkan

Langkah pertama adalah membuat waktu makan lebih menyenangkan seperti maka bersama seluruh keluarga, ya minimal satu kali dalam sehari. Dorong anak untuk mau makan secara perlahan, karena perlu waktu kurang lebih 20 menit bagi otak untuk menyadari bahwa perut sudah penuh. So jangan makan dengan terburu-buru ya.

  1. Hindari makan berlebihan

Anak-anak dalam masa pertumbuhan memang membutuhkan gizi lengkap serta nutrisi yang tinggi. Tapi bukan berarti sang anak boleh makan apapun sesuka hatinya guys. jangan biarkan anak makan berlebihan karena akan menyebabkan obesitas.

  1. Perlakukan anak dengan baik

Maksudnya adalah jangan hancurkan kesenangan masa kanak-kanak mereka, perlakukan mereka sewajarnya seorang anak. Kita memang perlu menerapkann pola makan sehat kepada anak, tapi tak ada salahnya kok jika sesekali memberikannya permen.

  1. Jangan paksa anak

Sebaiknya kita jangan pernah memaksa anak untuk makan lebih banyak dari apa yang mereka mau. Cukup berikan dukungan dan didikan yang baik sehingga anak bisa memutuskan kapan dan berapa banyak dia akan makan.

  1. Jauhkan anak dari pengaruh media

Bisa kita lihat bahwa sekarang anak-anak dapat dengan mudah dipengaruhi oleh media social. Ada beberapa iklan yang dapat mempengaruhi pilihan anak. Sebaiknya mulai sekarang kita harus mulai memberikan pemahaman dan alasan yang dapat diterima oleh anak dalam memilih produk yang sehat. Dengan begitu anak dapat membuat pilihan untuk makan makanan yang sehat.

  1. Say no to junk food

Sekarang ini sudah banyak makanan cepat saji yang beredar seperti nugget, sosis, keripik, fried chicken, dan sebagainya. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut system pencernaan kita akan kesulitan dalam memproses makanan dalam jumlah besar sehingga menyebabkan kenaikan berat badan. Jadi jauh-jauhlah dari jenis makanan satu ini ya.

  1. Resep baru

Variasi merupakan bumbu kehidupan. Jadi tak ada salahnya jika kita mencoba resep baru dan libatkan anak dalam proses memasak. Karena ini merupakan salah satu cara untuk mengedukasi mereka tentang berbagai macam nutrisi makanan.

  1. Aktifitas fisik

Jangan pernah ragu untuk melibatkan anak dalam beberapa aktivitas fisik setidaknya satu jam dalam sehari. Seperti jogging, bermain bola, ataupun kegiatan outdoor lainnya. Hal ini nantinya akan membantu mereka menghilangkan stress dan kembali prima. Jangan takut bila nanti anak jadi kotor karena melakukan aktivitas fisik. kita bisa memberikan produk personal care untuk melatih kemandirian anak. Misalnya saja perawatan tubuh anak DOREMI THOMAS & FRIENDS, yang terdiri dari produk sampo, body wash dan parfum. Semuanya sangat aman untuk anak dan anak juga menyukainya. Apalagi semuanya memiliki wangi buah-buahan segar yang disukai anak. Semuanya juga menggunakan karakter Thomas & Friends terbaik yang diidolkan Si Kecil.

Demikianlah 8 langkah mudah menanamkan kebiasaan makan sehat pada anak yang bisa kita lakukan. Semoga berhasil dan see you.