5 Permainan Tradisional di Indonesia

Masa kecil memang pantas disebut masa masa yang paling indah. Hal ini dikarenakan masa kecil itu selalu identik dengan jajan, hiburan,  dan permainan. Ada banyak berbagai jenis permainan tradisional pada saat kita masih anak anak. Namun seiring majunya perkembangan teknologi, anak anak jaman sekarang lebih memilih permainan di smartphone daripada bermain permainan tradisional warisan leluhur kita. Nah berikut ini 5 permainan tradisional anak indonesia yang hampir punah.

  1. Congklak

Congklak adalah jenis permainan tradisional yang cukup populer di masa anak anak jaman dulu. Permainan congklak biasanya dilakukan oleh 2 orang pemain, menggunakan cangkang kerang atau bebatuan kecil sebagai biji bijiannya. Tujuan biji bijian ini untuk dimasukan pada papan yang berlobang. Lobang pada papan ini sebanyak 16 lobang.

  1. Kelereng

Pada umumnya permainan kelereng adalah permainannya anak laki laki. Bentuk kelereng bulat dan berbahan kaca, serta berbagai macam ukuran pada kelereng

  1. Gasing

Gasing adalah permainan yang mengandalkan skill tangan. Permainan gasing juga selalu di dominasi oleh anak laki laki. Namun nasib permainan gasing tidak terlalu menyedihkan dibandingkan dengan jenis permainan tradisional yang lainnya. Bahkan gasing masih ada sampai saat ini hanya saja dikemas dalam kemasan yang kekinian dan memberi kesan modern.

  1. Layang layang

Layang layang juga masih menjadi permainannya anak laki laki. Permainan layang layang memang banyal digemari, terbukti Mulai dari anak anak hingga orang dewasa tampak menikmati permainan layang layang.

  1. Permainan karet Gelang

Nah jenis permainan ini dimiliki oleh anak anak perempuan. Biasanya permainan karet gelang dilakukan oleh 4-5 orang, cara bermainnya butuh dua orang untuk memegang karet gelang panjang yeng telah disambung sambung. Kemudian yang lainnya melompati karet gelat panjang secara bergantian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *